Ruang dan Waktu

Selama ini pengertian kita mengenai ruang dan waktu adalah sebagai berikut

Ruang: Sesuatu yang dapat diisi oleh zat atau partikel yang berbentuk 2 atau 3 dimensi.

Waktu: Kecepatan yang sama di seluruh alam semesta (sehingga 1 detik di bumi akan sama saja dengan 1 detik di ujung galaksi).

Namun, konsep kita selama ini mengenai ruang dan waktu adalah SALAH. Pengertian ruang dan waktu tidaklah sesederhana itu. Ruang dan waktu saling berkaitan dan sangat relatif, bentuknya juga bisa berubah-ubah. Jadi, ruang tersebut dapat berubah sendirinya, dan waktu kecepatannya dapat diperlambat ataupun dipercepat.

Bukti bahwa ruang dan waktu mempunyai relativitas

1. Gravitational Lensing

Miskonsepsi juga terjadi pada gravitasi. Selama ini kita menganggap bahwa konsep gravitasi hanyalah sebuah gaya yang menarik kita tetap berada di bumi. Konsep tersebut juga merupakan SALAH dan tidak sesederhana itu. Gravitasi juga berarti pembengkokan ruang dan waktu yang dilakukan oleh benda yang bermassa besar contohnya bumi. Jadi, semakin besar massa benda, semakin besar pula pembengkokan ruang dan waktu. Lihat saja pada sebuah galaksi, terjadi pembengkokan (lebih tepatnya penggembungan bentuk galaksi karena gravitasi) karena massa galaksi sangatlah besar.

Kenapa ruang dan waktu dapat membengkok/menggembung?

Ruang dan waktu sebenarnya dapat diibiratkan seperti kain. Jika kamu merentangkan kain sekuat2nya si setiap sisi, maka ruang dan waktu adalah normal. Namun jika kamu menambahkan sebuah massa, misalnya batu, maka kain tersebut akan menggembung ke bawah.

Semakin besar pembengkokan/penggembungan maka ruang dan waktu akan menjadi semakin sempit dan lambat.

2. Muon

Muon adalah partikel yang hanya dapat hidup 2/1.000.000 detik (0,000002 detik). Muon biasanya terbentuk saat cosmic ray (cahaya kosmik-partikel dari luar angkasa). Namun, peneliti menemukan kuantitas Muon yang sangat banyak di Bumi. Hal ini seharusnya dibilang mustahil untuk sebuah Muon dapat mencapai permukaan bumi. Namun, teori kecepatan mematahkan kemustahilan tersebut. Sehingga, semakin cepat sebuah Muon bergerak maka semakin jauh jarak yang ditempuh dan waktu yang ditempuh semakin sedikit. Sehingga, 2/1juta detik bagi sebuah Muon tidaklah sama dengan 2/1juta detik di Bumi.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa, jika kita berkendera dengan kecepatan tinggi, maka kita akan sampai ke sebuah tempat dengan cepat.

Dari dua bukti di atas dapat disimpulkan bahwa ruang dan waktu mempunyai kaitan yang sangat erat, tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Dari pernyataan di atas, kita juga bisa menyimpulkan bahwa kita dapat memperlambat dan mempercepat waktu. Bagaimana caranya?

Jika kamu mempunyai seorang saudara kembar maka cobalah eksperimen unik ini (mungkin agak mustahil melakukannya).

Suruhlah saudara kembarmu untuk terbang dengan pesawat ruang angkasa lalu melakukan ekspedisi di luar sana selama 10 tahun. Lalu, saat kembali lihatlah perbedaan di antara kalian berdua. Kamu akan tampak lebih tua dari saudara kembarmu, Kenapa???

Bumi mempunyai gravitasi, sedangkan luar angkasa merupakan ruang angkasa yang kosong dan tidak memiliki gravitasi, dari bukti Gravitational Lensing di atas dapat kita simpulkan bahwa gravitasi memainkan peran penting dalam waktu dan ruang. Di bumi, waktu akan berjalan lebih cepat daripada di luar angkasa. Luar angkasa tidak memiliki gravitasi yang akan membengkokkan ruang dan waktu, namun bumi memiliki gravitasi yang akan membengkokkan ruang dan waktu sehingga waktu akan berjalan semakin jelas di Bumi.

Jadi, untuk memperlambat waktu, kita membutuhkan sebuah massa yang sangat besar sehingga menimbulkan gravitasi yang luar biasa besar. Dengan ini kita dapat memperlambat waktu. Sebaliknya, untuk mempercepat waktu kita memerlukan massa sekecil-kecilnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s