Vodka: Tidak Sekedar Minuman

Tau Vodka kan? Kalau yang sering baca komik Detektif Conan pasti tau apa itu vodka (LOL). Tapi vodka yang ini merupakan sebuah minuman. Bagi yang belum tahu, vodka adalah sejenis minuman keras yang berasal dari fermentasi gandum dan terkenal di daerah Rusia dan sekitarnya. Vodka berupa cairan bening  dan tidak berwarna. Biasanya vodka dicampur dengan air dan etanol (alkohol) dengan kadar etanol antara 30%-70%. Wah, keras banget nih minuman. Bir biasa aja cuma mengandung etanol sebesar 5%.

Vodka sendiri sudah ada sejak abad ke-14. Namun, penemuan Vodka ini masih belum diketahui secara pasti. Ada yang berpendapat bahwa vodka 8000 tahun lebih muda dari wine (wine ditemukan tahun 6000 BC). Pendapat lain juga mengatakan bahwa Vodka ditemukan di daerah-daerah Slavik (Polandia, Ukraina, dan Rusia) karena saat itu di daerah ini gandum tumbuh subur.

Saat ini, vodka merupakan minuman nasional orang-orang Rusia. Bagi mereka, setiap ada acara pasti kurang rasanya kalau tidak ada vodka (LOL). Vodka biasanya disajikan seperti biasa, atau disajikan seperti cocktail. Biasanya akan ada kudapan-kudapan kecil yang disediakan untuk para Vodka drinkers. Tapi kudapan-kudapannya agak aneh, seperti telur mentah, garam, minyak makan, atau acar. Ini diberikan kepada para peminum supaya tidak terjadi efek samping seperti pusing-pusing, mual-mual, muntah, diare, dsb.

Vodka bukan hanya sekedar minuman, tapi juga digunakan dalam resep makanan. Biasanya vodka ditambahkan ke dalam sup yang namanya Uha-sejenis sup ikan yang populer di Rusia. Untuk goerngan, vodka ditambahkan supaya masakan lebih gurih. Bahkan, vodka juga digunakan untuk pembuatan roti atau kue, supaya adonannya lebih mengembang dan empuk kalau dimakan (sama kayak ragi) (LOL).

Nah, vodka juga digunakan buat obat (lho…. tadi katanya bisa bikin pusing, mual, diare, dan sebagainya). Salah satu penyakit yang paling manjur diobatkan pakai vodka adalah demam dan sakit gigi. Bagi orang demam, biasanya vodka dioleskan ke badan pakai spons atau busa buat mandi. Tak lama kemudian, suhu badan akan turun drastis dan demam bakalan hilang deh (tapi jangan dipake saat sedang sehat, bisa-bisa terjadi kelainan nanti). Untuk yang lagi sakit gigi, vodka dipakai untuk menghilangkan rasa sakitnya (bukan sebagai obatnya)

Vodka juga digunakan sebagai pembersih (kayak bayclin), tapi ini tak hanya untuk pembersih baju. Vodka biasanya digunakan untuk pembersih kaca, kacamata, bathtub, keramik, dan noda-noda yang kayaknya permanen di kayu. Vodka juga bisa digunakan sebagai pembersih noda pada baju. Jika ada noda di pakaian yang susah dibersihkan pake sabun biasa. Semprot atau oleskan saja sedikit vodka ke noda tersebut lalu setrika. Nah, saat itu alkohol akan membantu menguraikan noda-noda yang ada di baju, lalu cuci saja bajunya seperti biasa. Noda tersebut akan hilang (wah…. hebat!) (LOL).

Para wanita di Rusia juga menggunakan vodka sebagai alat kecantikan (kosmetik). Nah, kalau rambutnya yang suka rontok, oleskan vodka yang sudah dicampur dengan cabe merah, ntar kepala akan terasa panas sekali, tapi inilah yang bakal membantu rambut tumbuh. Vodka juga bisa menghilangkan bau kaki (hayo, siapa yang kakinya bau kalo buka sepatu). Tinggal rendam aja kaki ke air panas yang dicampur vodka, ntar ilang deh baunya. Selain itu, vodka juga bisa mengobati jerawat, sehingga jerawat hilang dan gag ada bekas noda hitam di wajah.

Sumber dan Kutipan

http://en.wikipedia.org/wiki/Vodka

http://rt.com/Russia_Now/Russian_cuisine/vodka.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s