San Marino: Negara Tertua di Dunia

San Marino adalah sebuah negara kecil yang berbatasan secara menyeluruh dengan Italia. Negara ini terletak di sebelah timur dari Pegunungan Appennine dengan luas hanya sekitar 61 km persegi-menjadikannya sebagai negara terkecil ke-13 di dunia. Dengan jumlah penduduk hanya sekitar 30.000 orang, San Marino menjadi negara dengan populasi di terkecil dalam Konselat Eropa.

San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia. Menurut sejarahnya, Saint Marinus pergi meninggalkan pulau Rab (sebuah pulau di Kroasia) dengan temannya Leo ke kota Rimini(Italia), kemudian kabur dari sana dan membangun sebuah gereja kecil di dekat Monte Titano. Disanalah negara San Marino ditemukan, tepatnya pada tanggal 3 September 301. Namun, kemerdekaannya baru diakui pada tahun 1631 oleh Paus Katolik di Roma.

Kemerdekaan San Marino sempat terancam saat pasukan Napoleon menyerang beberapa tempat di wilayah Eropa tahun1797. Namun, kemerdekaan San Marino dapat dipertahankan oleh Antonio Onofori, berkat kecerdikannya dengan mendekati Napoleon dan menjalin hubungan pertemanan.

Selama Perang Dunia I dan II, San Marino menyatakan netral. Namun, pada saat Perang Dunia I, beberapa warga San Marino menjadi sukarela dengan menjadi anggota Medis Palang Merah.

San Marino menjadi anggota Konselat Eropa pada tahun 1988.

Ibukota San Marino adalah City of San Marino, dengan populasi sekitar 4000 jiwa. Penemuan negara San Marino dimulai dari kota ini, jadi sejarah kota ini sama dengan sejarah negaranya.

San Marino menganut sistem Republik Parlementer, dengan 2 orang Kapten Bupati sebagai pemimpin negara. Kapten Bupati dipilih setiap sekali 6 bulan sekali oleh parlemen San Marino (Grand and General Council)-beranggotakan sebanyak 60 orang.

Informasi Umum

Nama Asli

Serenessima Repubblica di San Marino

Ibukota

City of San Marino

Bahasa Resmi

Itali

Pemerintahan

Republik Parlementer

Kapten Bupati

Giovanni Fransesco Ugolini dan Andrea Zaferani

Luas Daerah

61 km persegi (nomor 219)

Populasi

31.434 jiwa (nomor 209)

Mata Uang

Euro

1 EUR= sekitar 12.0oo IDR

Sumber dan kutipan

http://en.wikipedia.org/wiki/San_Marino

http://www.xe.com/ucc/convert.cgi?Amount=1&From=EUR&To=IDR&image.x=69&image.y=13&image=Submit

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s